Print Shortlink

MAHASISWA BIDIK MISI FMIPA MENDAPATKAN GOLD MEDAL DAN SPECIAL AWARD PADA EVENT I-ENVEX 2016 DI UNIVERSITI MALAYSIA PERLIS

indexKARANGMALANG. Salah satu mahasiswa penerima bidik misi, Astuti Lestari (Kimia 2014), tidak menyangka dirimya mampu meraih kemenangan pada kompetisi internasional di Malaysia. Astuti dan tim mendapatkan Gold medal dan special award pada event I-ENVEX (International Engineering Invention Innovation Exhibition) 2016 di Universiti Malaysia Perlis. Karya yang dibawakan pada event ini berjudul “Innovation of Fish Caller Equipment Based on EW-LED (Electromagnetic Wave and Light Emitting Diode) as an Inexpensive and Eco-Friendly Marine Technology Innovation To Improve The Traditional Fishermen Economy”.
Kompetisi ini dimulai pada tanggal 8 April 2016 dengan menata stand booth yang akan dinilai oleh juri. Peserta I-ENVEX 2016 berjumlah lebih dari 200 tim dari 20 negara di dunia, seperti Korea Selatan, Taiwan, USA, UAE, China, India, Irak, Jepang, Rumania, Polandia dan Malaysia. Semua peserta saling berlomba untuk menata, memamerkan, dan menjelaskan produk inovasi yang dibawa.
Di hari kedua pada tanggal 9 April 2016 bentuk kegiatannya yaitu Exhibition dengan setiap tim menjaga stand booth masing-masing dan selanjutnya dilakukan penilaian oleh juri dengan presentasi produk dan tanya jawab. Karya yang dibawakan oleh Astuti dan tim masuk dalam kategori E yaitu I.C.T, Multimedia & Telecommunications, Electricity & Electronic. Juri yang menilai pun tidak sembarangan. Juri pertama dari Jepang menilai kesesuaian alat dan juri kedua dari Rumania menilai implementasi alat.
Pada hari ketiga yaitu 10 April 2016 dilakukan Exhibition and Award Ceremony yaitu penjurian special award dan pemberian innovation award kepada pemenang. Astuti dan tim menyabet Gold Medal dalam kompetisi I-ENVEX ini. Sedangkan pada special award, tim Indonesia meraih Leading Innovation Award dari IIPNF (International Intellectual Property Network Forum) Jepang. “Bisa pergi ke luar negeri saja sudah Alhamdulillah, apalagi bisa memenangkan event internasional, sungguh nikmat dan rencana Allah SWT memang yang terindah”, tutup Astuti. (Astuti)

Print Friendly, PDF & Email

Fomuny (Family of Mahadiksi UNY)

Fomuny adalah kependekan dari Family of Mahadiksi UNY. Nama beken keluarga mahasiswa bidik Misi UNY yang terlahir saat musyawarah besar tanggal 5 Januari 2013. Fomuny bukan organisasi politik maupun sebuah ormawa kampus melainkan sebuah keluarga yang mempunyai organisasi yang fokus dalam ranah sosial dan kemasyarakatan. Selain itu dengan adanya fomuny diharapkan dapat menjadi wadah dan pusat informasi bagi Mahadiksi UNY.

More Posts - Facebook

Leave a Reply

8 + 1 =


− 2 = 2