Print Shortlink

MAHASISWA BIDIK MISI UNY BELAJAR JURNALISTIK DI KANTOR REDAKSI SWARA KAMPUS KEDAULATAN RAKYAT

13243989_602165719958962_2980459550264616736_oKARANGMALANG. Mahasiswa Bidik Misi UNY melakukan kunjungan ke Kantor Kedaulatan Rakyat yang berada di Jalan Mangkubumi Yogyakarta, Sabtu (14/05/2016). Kegiatan kunjungan ini diselenggarakan oleh Family Of Mahadiksi UNY (FOMUNY). Fomuny merupakan sebuah forum dimana terdiri dari sekumpulan mahasiswa penerima beasiswa Bidiks Misi di kampus UNY. Beasiswa ini diperuntukkan bagi mereka yang memiliki tingkat akademis yang baik namun memiliki keterbatasan ekonmoi. Fomuny mewadahi seluruh informasi yang menyangkut beasiswa Bidik Misi guna mengkoordinir seluk beluk beasiswa Bidik Misi agar dapat diakses seluruh mahasiswa UNY. Di samping itu, Fomuny juga memfasilitasi para mahasiswa yang ingin mengembangkan softskill salah satunya dengan kegiatan kunjungan ke kantor Kedaulatan Rakyat guna mempelajari kepenulisan.

Kunjungan media diikuti oleh sekitar 35 peserta yang berasal dari beberapa fakultas di UNY. Adapun salah satu tujuan diselenggarakan kunjungan ini ialah untuk melatih jiwa kepenulisan di kalangan mahasiswa sehingga gagasan atau ide-ide yang dimiliki mahasiswa dapat tersalurkan dan dapat dikonsumsi publik. Tulisan sangat membantu menyalurkan ide-ide atau gagasan agar dapat diketahui banyak orang.
Pada awal kegiatan, acara diawali dengan pembukaan dan dilanjutkan dengan sambutan oleh ketua panitia, Koordinator Fomuny dilanjutkan dengan Koordinator swara kampus Kedaulatan Rakyat. Setelah itu, acara dilanjutkan dengan mengupas tuntas mengenai cara menulis berita yang dibersamai oleh Bapak Krisno Wibowo selaku Koordinator Swara Kampus. Terlebih dahulu, peserta diarahkan untuk mengenal ragam berita yaitu straight news dan soft news. Peserta terlihat antusias, hal tersebut dibuktikan dengan banyaknya aktivitas tanya jawab.

Kegiatan diskusi berlangsung sampai pukul 10.30 dan dilanjutkan dengan action menulis dimana para peserta mencoba menuangkan seluruh proses kegiatan tersebut melalui tulisan. Semuanya mencoba menuangkan ke dalam kertas yang dibagikan oleh panitia kepada peserta. Kesempatan inilah yang paling ditunggu-tunggu dimana sesuatu yang baru dipelajari tidak afdol jika tidak dipraktikkan. Masing-masing peserta asyik dengan kertas masing-masing. Ada yang sangat cepat menulis, ada juga yang berhenti di judul. Semuanya berusaha menuangkan beberapa proses kegiatan yang telah dilaksanakan. Beberapa peserta saling menanyakan tentang kesan pesan, tujuan, maupun hal-hal yang dibutuhkan dalam tulisan yang ingin mereka ungkapkan. Semuanya terlihat ingin menuliskan yang terbaik.

Pada akhir kegiatan, peserta ditawarkan untuk menjadi sukarelawan mengisi swara kampus dimana didapatkan 2 orang bersedia menjadi pengisi swara kampus. Kegiatan ini juga mendapatkan respon yang sangat positif dari peserta dimana beberapa peserta mengatakan bahwa kegiatan ini sangat bermanfaat. Selain sebagai wadah dalam belajar menulis, kegiatan ini juga membekali mahasiswa agar mampu menghasilkan karya yang dapat menghasilkan. Acara diakhiri dengan pemberian kenang-kenangan oleh penyelenggara kepada pihak Kedaulatan Rakyat. Satu kalimat pesan dari penulis yakni menulislah, maka kau akan dikenang sejarah (Farihda Muthmainnah, Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar)

Print Friendly, PDF & Email

Fomuny (Family of Mahadiksi UNY)

Fomuny adalah kependekan dari Family of Mahadiksi UNY. Nama beken keluarga mahasiswa bidik Misi UNY yang terlahir saat musyawarah besar tanggal 5 Januari 2013. Fomuny bukan organisasi politik maupun sebuah ormawa kampus melainkan sebuah keluarga yang mempunyai organisasi yang fokus dalam ranah sosial dan kemasyarakatan. Selain itu dengan adanya fomuny diharapkan dapat menjadi wadah dan pusat informasi bagi Mahadiksi UNY.

More Posts - Facebook

Leave a Reply

3 + 9 =


31 − 28 =