Print Shortlink

BERGENERASI

PNCZ
“Padamu negeri kami berjanji,
padamu negeri kami berbakti,
padamu negeri kami mengabdi,
bagimu negeri jiwa raga kami”
Sebuah lagu karya Kusbini ini seolah olah telah mengilhami pemuda-pemudi Indonesia untuk senantiasa mencintai negeri Indonesia dengan segala upaya positif dalam perwujudannya. Generasi muda yang digadang-gadang mampu melakukan perubahan dan perbaikan untuk negeri kini menuai banyak pertanyaan yang terkadang jawaban atas pertanyan-pertanyaan tersebut tak mampu memberi penjelasan konkret yang melegakan.
Generasi muda merupakan generasi penerus bangsa yang mana peran serta kontribusinya sangat dibutuhkan untuk memajukan bangsa Indonesia. Bagaimana sosok generasi muda yang dibutuhkan tersebut? Tentu jawabannya sangat mudah sekali, bukan? Yang bangsa Indonesia butuhkan ialah mereka yang mau berjuang, bertekad, dan bertindak sesuai dengan nilai-nilai yang terkandung dalam Dasar Negara Indonesia, Pancasila.
“Padamu Negeri kami Berjanji”
Sebuah ikrar dalam bentuk syair yang rasanya seperti mengikat seluruh jiwa generasi muda. Janji untuk bersatu membangun dan memajukan bangsa. Dimana layaknya sebuah janji yang tidak menyukai ingkar, maka sudah sepantasnya janji itu harus ditepati.
“Padamu Negeri kami Berbakti
Wujud bakti yang benar-benar hidup di bangsa ini dapat dilihat dari proses beberapa puluh tahun yang lalu di mana Pancasila mulai lahir dan ditetapkan sebagai sumber dari segala sumber di Indonesia. Hasil tidak pernah mengkhianati proses, dan dalam berproses apa yang disebut dengan bakti itu sendiri tanpa disadari telah muncul dan ikut menjadi bagian dari nilai-nilai yang terkandung di dalamnya.
“Padamu Negeri kami Mengabdi
Mengabdilah selama negeri ini ada, mengabdilah dengan segala yang dimiliki, dan mengabdilah tanpa mengingat ganjaran. Jika seseorang mencintai sesuatu maka ia akan berusaha memberikan yang terbaik untuknya. Begitu pun dengan rasa cinta kepada tanah air Indonesia, berikanlah yang terbaik karena sesungguhnya setiap generasi mampu untuk itu.
“Bagimu Negeri Jiwa Raga kami”
Pancasila sebagai Dasar Negara Indonesia telah mencakup seluruh aspek kehidupan, mengingat dalam perumusannya telah menuai berbagai macam problema yang pada akhirnya problema tersebutlah yang mengajarkan dan membentuk arti sebuah kebersamaan. Sebagai generasi muda, tentu syair ini sangat tepat sekali untuk menggambarkan pentingnya hubungan yang dinamis antara bangsa Indonesia dengan generasi penerusnya. Untuk menjadi generasi penerus yang diharapkan oleh bangsa, maka marilah berpikir dan bertindak sesuai dengan nilai-nilai yang ada, nilai dalam Pancasila. Maknailah segala bentuk yang berkaitan dengan kehadiran nya, yang demikianlah sungguh generasi itu benar-benar ada. (Pradana Santika, Mahadiksi Pendidikan Bahasa Inggris 2015)

Print Friendly, PDF & Email

Fomuny (Family of Mahadiksi UNY)

Fomuny adalah kependekan dari Family of Mahadiksi UNY. Nama beken keluarga mahasiswa bidik Misi UNY yang terlahir saat musyawarah besar tanggal 5 Januari 2013. Fomuny bukan organisasi politik maupun sebuah ormawa kampus melainkan sebuah keluarga yang mempunyai organisasi yang fokus dalam ranah sosial dan kemasyarakatan. Selain itu dengan adanya fomuny diharapkan dapat menjadi wadah dan pusat informasi bagi Mahadiksi UNY.

More Posts - Facebook

Leave a Reply

3 + 3 =


69 − = 62