Print Shortlink

ECO-BOOTYST KARYA MAHASISWA BIDIKMISI UNY JUARAI LOMBA KARYA TULIS NASIONAL 1stIGSS (INDONESIA GEOGRAPHY STUDENT SUMMIT) 2016 DI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MATARAM

MAPRES_Mahadiksi UNY Juara 1 LKTI IGSS 2016
1st Indonesia Geography Students Summit (IGSS) Universitas Muhammadiyah Mataram yang di selenggarakan oleh Ikatan Mahasiswa Geografi Indonesia (IMAHAGI) bekerja sama dengan IMAHAGI Komisariat Universitas Muhammadiyah Mataram (UMMAT) merupakan suatu ajang kompetisi di antaranya Lomba Infografis, Geo-photo Contest, dan Lomba Karya Tulis Ilmiah Nasional diikuti oleh mahasiswa D3 dan S1 se-Indonesia. Serangkaian kegiatan lomba tersebut dilaksanakan tanggal 27-29 April 2016 di Gedung Dakwah PWM NTB.
Universtias Negeri Yogyakarta (UNY) mengirimkan delegasi untuk mengikuti kompetisi kategori Lomba Karya Tulis Ilmiah yang bertemakan “Geomaritim: Peran Kreatif dan Inovatif Geografi dalam mewujudkan Indonesia sebagai Poros Maritim Dunia”. Delegasi tersebut adalah tim dari mahasiswa Bidik Misi yang beranggotakan 3 mahasiswa yang berasal dari Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) UNY. Adapun anggota tim terdiri dari Afrizal Lathiful Fadli (Fisika 2014), Muhammad Wahyu Arif (Kimia 2013), dan Intania Betari Miranda (Pendidikan Kimia 2015).
Kompetisi kategori LKTI tersebut diikuti oleh ratusan mahasiswa seluruh Indonesia. Setelah melalui seleksi paper terpilih 10 finalis terbaik se-Indonesia. Dalam kompetisi tersebut tim dari Universitas Negeri Yogyakarta berhasil meraih Juara I pada kategori Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI) dengan mengusung karya yang berjudul “ECO-BOOTYST”. Inovasi Cooling Box Berbasis Fotokatalis Nanopartikel TiO2 Solusi Reduksi Kandungan Logam Berat dan Inhibisi Bakteri Pembusuk Guna Meningkatkan Kualitas Ikan Nasional”. Sedangkan untuk juara II diraih oleh Universitas Pendidikan Ganesha dan Juara III diraih oleh tim dari Universitas Indonesia.
“Secara singkat ECO-BOOTYST” Inovasi Cooling Box yang diangkat merupakan solusi yang ditawarkan untuk mengatasi permasalahan produksi ikan yang cepat mengalami pembusukan dan menyebabkan kualitas ikan menjadi rendah dengan penerapan teknologi fotokatalis lapis tipis nanopartikel semikonduktor untuk mereduksi logam berat dan inhibisi bakteri pembusuk pada ikan menjadi senyawa yang kurang berbahaya” kata Muhammad Wahyu Arif saat ditanyai mengenai fungsi dari ECO-BOOTYST.
Delegasi tim dari UNY tidak menyangka jika karya mereka terpilih dewan yuri menjadi karya terbaik. Pasalnya kompetisi tersebut diikuti oleh 10 finalis dari beberapa Universitas bergengsi di Indoneia.
“Kompetisi tersebut diikuti oleh 10 finalis terbaik se-Indonesia yang terdiri dari Universitas Negeri Yogyakarta, Universitas Halu Oleo, Universitas Gadjah Mada, Universitas Indonesia, Universitas Pendidikan Indonesia, Universitas Pendidikan Ganesha, dan Institut Pertanian Bogor. Kami benar-benar tidak menyangka akan menjadi finalis yang terbaik…” kenang Muhammad Wahyu Arif. (sahid)

Print Friendly, PDF & Email

Fomuny (Family of Mahadiksi UNY)

Fomuny adalah kependekan dari Family of Mahadiksi UNY. Nama beken keluarga mahasiswa bidik Misi UNY yang terlahir saat musyawarah besar tanggal 5 Januari 2013. Fomuny bukan organisasi politik maupun sebuah ormawa kampus melainkan sebuah keluarga yang mempunyai organisasi yang fokus dalam ranah sosial dan kemasyarakatan. Selain itu dengan adanya fomuny diharapkan dapat menjadi wadah dan pusat informasi bagi Mahadiksi UNY.

More Posts - Facebook

Leave a Reply

5 + 4 =


26 + = 35