Hadir dengan nuansa yang lebih fresh, Divisi Koordinator Fakultas FOMUNY Periode 2023 mengadakan program kerja yang paling ditunggu-tungguh Mahasiswa Bidikmisi dan KIP Kuliah Universitas Negeri Yogyakarta. Bertajuk Forum Group Discussion (FGD), program kerja yang dapat menjadi wadah untuk menampung aspirasi Mahasiwa Bidikmisi dan KIP Kuliah secara langsug dalam satu forum. Tak hanya menampung aspirasi, Forum Group Discussion (FGD) juga menjadi ajang untuk mengenalkan FOMUNY kepada Mahasiswa Bidikmisi dan KIP Kuliah dilanjutkan  pemaparan ringkasan materi  dan perkembangan informasi mengenai beasiswa Bidikmisi dan KIP Kuliah.

Kegiatan  Forum Group Discussion (FGD) dilaksanakan selama empat kali dalam jangka waktu empat bulan, yakni mulai bulan Maret sampai bulan Juni 2023. Setiap bulannya diadakan satu kali FGD dengan peserta dari dua fakultas yang berbeda dan tema yang diambil pun selalu berbeda setiap bulannya.

Rangkaian kegiatan Forum Group Discussion (FGD) dimulai pada tanggal 11 Maret 2023 bertemakan “Chatime with Koorfak (Chit-chat Time with Koorfak).  Peserta berjumlah 128 mahasiswa terdiri dari Mahasiswa Bidikmisi dan KIP Kuliah Fakultas Teknik dan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Kegiatan dilanjutkan pada tanggal 8 April 2023 yang mengusung tema “Bisik bareng Koorfak (Bincang Asik bareng Koorfak)”. Pada Forum Group Discussion (FGD) kedua ini, terdapat 129 peserta yang terdiri dari Mahasiswa Bidikmisi dan KIP Kuliah Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi dan Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan.

Forum Group Discussion (FGD) ketiga yang diadakan pada tanggal 6 Mei 2023 dengan tema “Rubik Koorfak (Ruang Bincang Asik with Koorfak). Terdiri dari Mahasiswa Bidikmisi dan KIP Kuliah Fakultas Ekonomi dan Bisnis dan Fakultas Ilmu Sosial, Hukum, dan Ilmu Politik sejumlah 98 peserta. Terakhir, satu bulan berikutnya di tanggal 6 Juni 2023, dilaksanakan Forum Group Discussion (FGD) pamungkas dengan peserta dari Fakultas Bahasa, Seni, dan Budaya dan Fakultas Vokasi sebanyak 94 peserta. Tema yang diusung tak kalah unik dari Forum Group Discussion (FGD) sebelumnya, yakni “Angkringan Koorfak (Ruang Sharing Santai bareng Koorfak)”.

Setiap Forum Group Discussion (FGD) selalu mengusung topik yang berbeda-beda, yang disesuaikan dengan aspirasi yang dituliskan Mahasiwa Bidikmisi dan KIP Kuliah melalui angket yang disebarkan melalui grup setiap fakultas. Aspirasi yang berisi permasalahan dari Mahasiswa Bidikmisi dan KIP Kuliah dibungkus dengan penulisan dan penyampaian yang tidak kaku.

Seperti tahun sebelumnya, setiap Forum Group Discussion (FGD) selalu ada sertifikat bagi seluruh peserta dan doorprize menarik bagi peserta yang aktif berpartisipasi dan meramaikan diskusi dalam forum. Sertifikat Forum Group Discussion (FGD) hanya diberikan kepada peserta yang mengikuti jalannya Forum Group Discussion (FGD) hingga selesai dan mengisi presensi yang disediakan oleh Koordinator Fakultas.

Forum Group Discussion (FGD) tahun ini bisa dibilang banyak sekali peserta yang mendaftar, selain karena tema dan doorprize yang menarik. Tentu saja pencapaian ini tak lepas dari antusiasme Forum Group Discussion (FGD) tahun lalu yang berhasil menarik antusiasme yang besar dari para peserta setiap bulannya. Tak hanya itu, setiap kali dibuka sesi tanya jawab, peserta sangat bersemangat untuk bertanya atau membagikan pengalamannya sebagai Mahasiswa Bidikmisi dan KIP Kuliah di Universitas Negeri Yogyakarta. Penambahan sesi ice breaking pada setiap penghujung acara, membuat peserta semakin semangat untuk bergabung ke dalam ice breaking yang disediakan Koordinator Fakultas.

Berlangsungnya kegiatan Forum Group Discussion (FGD) setiap bulannya selalu mendapatkan umpan balik yang positif. Hal tersebut membuat Divisi Koordinator Fakultas selalu termotivasi untuk membuat kegiatan Forum Group Discussion (FGD) yang selalu asyik dan menarik di setiap bulannya.

Komentar salah seorang pemenang doorprize dari Fakulta Ilmu Sosial, Hukum, dan Ilmu Politik “Materi yang disampaikan sangat bermanfaat dan mudah dipahami dengan baik”.

Harapannya untuk program kerja  Forum Group Discussion (FGD) ini dapat terus dilanjutkan di tahun-tahun selanjutnya. Tentu saja dengan kemasan yang inovatif, mengadopsi hal positif dan meminimalisir kesalahan dari Forum Group Discussion (FGD) tahun ini.

Print Friendly, PDF & Email

Family Of Mahadiksi dan KIP Kuliah UNY

FOMUNY adalah kependekan dari Family of Mahadiksi dan KIP Kuliah UNY. Nama beken keluarga mahasiswa bidik Misi UNY yang terlahir saat musyawarah besar tanggal 5 Januari 2013. FOMUNY bukan organisasi politik maupun sebuah ormawa kampus melainkan sebuah keluarga yang mempunyai organisasi yang fokus dalam ranah sosial dan kemasyarakatan. Selain itu dengan adanya FOMUNY diharapkan dapat menjadi wadah dan pusat informasi bagi Mahadiksi UNY.

More Posts - Facebook


Family Of Mahadiksi dan KIP Kuliah UNY

FOMUNY adalah kependekan dari Family of Mahadiksi dan KIP Kuliah UNY. Nama beken keluarga mahasiswa bidik Misi UNY yang terlahir saat musyawarah besar tanggal 5 Januari 2013. FOMUNY bukan organisasi politik maupun sebuah ormawa kampus melainkan sebuah keluarga yang mempunyai organisasi yang fokus dalam ranah sosial dan kemasyarakatan. Selain itu dengan adanya FOMUNY diharapkan dapat menjadi wadah dan pusat informasi bagi Mahadiksi UNY.