Pada tanggal 23 Februari 2024 telah dilaksankan FOMUNY Goes to School  (FGTS)

(Foto sesi penyampaian materi di SMA N 1 Sentolo)

FOMUNY Goes to School (FGTS) merupakan salah satu program kerja divisi PR & Media FOMUNY untuk memberikan sosialisasi terkait KIP Kuliah kepada siswa kelas 12 SMA/SMK sederajat. Kegiatan ini dilaksanakan menilik dari kurang meratanya informasi seputar KIP Kuliah bagi siswa kelas 12. Kegiatan ini juga bertujuan agar siswa kelas 12 mendapatkan informasi seputar dunia perkuliahan. FOMUNY Goes to School 2024 telah menjangkau 2 sekolah sebagai target sasaran kegiatan, yakni SMA Negeri 1 Sentolo dan SMA Negeri 1 Kalibawang, Kulon Progo.        

SMA Negeri 1 Sentolo menjadi mitra kerja sama pertama dari kegiatan FGTS tahun ini yang pelaksanaannya dilakukan pada tanggal 23 Februari 2024 secara tatap muka. Acara FOMUNY Goes to School  ini diikuti oleh 46 siswa yang memiliki keinginan untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi, 6 orang panitia yang berasal dari pengurus FOMUNY, serta 1 orang guru Bimbingan Konseling.

Pada pukul 07.30 sampai 07.45 dilakukan persiapan oleh panitia. Selanjutnya, pada pukul 07.45-08.00 acara dibuka oleh Ibu Tuti Suryani selaku guru BK SMA N 1 Sentolo sekaligus memberikan sambutan. Kemudian dilanjutkan ke acara inti, yakni pemaparan materi oleh panitia dari perwakilan pengurus FOMUNY. Materi yang disampaikan oleh narasumber terkait dengan informasi mengenai kampus Universitas Negeri Yogyakarta, pengertian KIP Kuliah, syarat penerima KIP Kuliah, alur pendaftaran KIP Kuliah, serta dokumen-dokumen yang perlu dipersiapkan. Sesi pemaparan materi ini berjalan secara kondusif karena para peserta memperhatikan dengan seksama penjelasan yang disampaikan oleh narasumber. Setelah sesi pemaparan materi selesai para peserta berkesempatan untuk bertanya kepada narasumber dengan alokasi waktu untuk sesi tanya jawab selama 15 menit. Pada sesi pertama maupun kedua para peserta cukup aktif. Dapat dilihat dari munculnya  10 pertanyaan. Panitia kemudian memilih 5 pertanyaan paling menarik untuk selanjutnya diberikan doorprize. Setelah itu, acara ditutup oleh guru BK dan dilanjutkan dengan sesi foto bersama untuk dokumentasi kegiatan.

(Dokumentasi panita FGTS bersama SMA N 1 Sentolo)

Sementara itu, FGTS kedua dilaksanakan setelah selesai dari SMA N 1 Kalibawang. SMA Negeri 1 Kalibawang menjadi mitra kerja sama kedua dari kegiatan FGTS tahun ini yang pelaksanaannya dilakukan pada tanggal 23 Februari 2024 secara tatap muka. Acara FOMUNY Goes to School  ini diikuti oleh sekitar 69 orang siswa yang memiliki keinginan untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi, 6 orang panitia yang berasal dari pengurus FOMUNY, serta 1 orang guru Bimbingan Konseling.

(Foto sesi penyampaian materi di SMA N 1 Kalibawang)

 Pada pukul 10.00 sampai 10:15 dilakukan persiapan oleh panitia. Selanjutnya, pada pukul 10.15-10.30 acara dibuka oleh Ibu Ezra selaku guru BK SMA N 1 Kalibawang sekaligus memberikan sambutan. Kemudian dilanjutkan ke acara inti, yakni pemaparan materi oleh panitia yang berasal dari perwakilan pengurus FOMUNY. Materi yang disampaikan oleh narasumber terkait dengan informasi mengenai kampus Universitas Negeri Yogyakarta, pengertian KIP Kuliah, syarat penerima KIP Kuliah, hingga alur pendaftaran KIP Kuliah. Sesi pemaparan materi ini berjalan secara kondusif karena para peserta memperhatikan dengan seksama penjelasan yang disampaikan oleh narasumber. Setelah sesi pemaparan materi selesai para peserta berkesempatan untuk bertanya kepada narasumber dengan alokasi waktu untuk sesi tanya jawab selama 15 menit. Pada sesi ini para peserta cukup aktif yang terlihat dari jumlah penanya lebih dari 5 orang. Panitia kemudian memilih 5 pertanyaan paling menarik untuk selanjutnya diberikan doorprize. Setelah itu, acara ditutup oleh guru BK dan dilanjutkan dengan sesi foto bersama untuk dokumentasi kegiatan.

(Dokumentasi FGTS panitia bersama guru BK dan Siswa/i SMA N 1 Kalibawang)

Secara keseluruhan, baik pelaksanaan FGTS di SMA N 1 Sentolo maupun SMA N 1 Kalibawang, keduanya berjalan dengan lancar sampai pada tahap terbentuknya grup Whatsapp sebagai bentuk follow-up acara. Kegiatan FGTS di kedua sekolah tujuan berjalan sesuai dengan rundown yang telah dibuat serta berjalan sesuai dengan target, yakni terlaksananya sesi tanya jawab yang interaktif. Grup Whatsapp diharapkan dapat mewadahi siswa yang membutuhkan keberlanjutan informasi mengenai KIP Kuliah serta dapat memberikan informasi update dari panitia FGTS seperti jadwal pendaftaran SNBP dan lain sebagainya.

Print Friendly, PDF & Email

Family Of Mahadiksi dan KIP Kuliah UNY

FOMUNY adalah kependekan dari Family of Mahadiksi dan KIP Kuliah UNY. Nama beken keluarga mahasiswa bidik Misi UNY yang terlahir saat musyawarah besar tanggal 5 Januari 2013. FOMUNY bukan organisasi politik maupun sebuah ormawa kampus melainkan sebuah keluarga yang mempunyai organisasi yang fokus dalam ranah sosial dan kemasyarakatan. Selain itu dengan adanya FOMUNY diharapkan dapat menjadi wadah dan pusat informasi bagi Mahadiksi UNY.

More Posts - Facebook


Family Of Mahadiksi dan KIP Kuliah UNY

FOMUNY adalah kependekan dari Family of Mahadiksi dan KIP Kuliah UNY. Nama beken keluarga mahasiswa bidik Misi UNY yang terlahir saat musyawarah besar tanggal 5 Januari 2013. FOMUNY bukan organisasi politik maupun sebuah ormawa kampus melainkan sebuah keluarga yang mempunyai organisasi yang fokus dalam ranah sosial dan kemasyarakatan. Selain itu dengan adanya FOMUNY diharapkan dapat menjadi wadah dan pusat informasi bagi Mahadiksi UNY.