Pada Senin tanggal 22 Mei 2023 telah dilaksanakannya salah satu program kerja Divisi Minat dan Bakat yaitu Fun Sport with FOMUNY. Program kerja ini bertujuan sebagai wadah untuk meningkatkan keakraban dan rasa kekeluargaan antar anggota setiap divisi. Selain itu, program kerja ini juga dapat memfasilitasi pengurus FOMUNY 2023 untuk mengeksplor minat dan bakat mereka dibidang olahraga. Kegiatan Fun Sport with FOMUNY akan berlangsung selama lima kali dalam satu periode ini dengan diadakan pelaksanannya satu kali dalam sebulan.

Kegiatan Fun Sport with FOMUNY#1 ini dilaksanakan di Gedung Serbaguna Kaliwaru yang beralamatkan di Condongcatur, Depok, Sleman. Olahraga yang dilakukan adalah Bulu tangkis, sesuai dengan polling terbanyak yang telah di isi dan dipilih oleh pengurus FOMUNY sendiri. Pendaftar kegiatan tersebut adalah sebanyak 28 orang dari pengurus FOMUNY namun pada saat hari dimana kegiatan ini berlangsung jumlah kehadirannya sebanyak 30 orang ada beberapa dari mereka yang menyusul menyusul sehingga kehadiran yang sudah berada di tempat sekitar 26 orang dengan 1 orang dari 26 orang tersebut adalah mahasiswa KIPK diluar pengurus FOMUNY.

Fun Sport with FOMUNY dimulai dari pukul 15.00 dengan agenda adalah berkumpul di Student Center UNY dan berdoa untuk keberangkatan ke Gedung Serbaguna Kaliwaru hingga pukul 15.50. Sesampainya ditempat, kita melakukan sebuah rangkaian acara dimana acara yang pertama adalah pembukaan dan pemanasan pada pukul 16.15 yang dipimpin oleh Saudara Dicky Aryesworo Shakti selaku penanggungjawab dalam kegiatan ini.

Selanjutnya, pemberian materi dasar dan peraturan dalam permainan olahraga bulu tangkis yang disampaikan oleh Saudara Wahyu Kurnia Putra selaku penanggungjawab kegiatan. Setelah selesainya pemaparan materi, kita melakukan pembagian tim yang dikoordinasi oleh Saudari Dista Maulinda Putri selaku penanggungjawab juga dengan pembagiannya melalui berhitung yang 1 tim berisi 2 orang dan tim tersebut sebanyak 11 tim. Mengapa hanya 11 tim? Hal ini karena ada beberapa yang masih menyambi zoom perkuliahan dan masih ada yang akan menyusul.

Tepat pukul 17.00, kita memulai permainan olahraga bulu tangkis dengan model pertandingan yang mana point kemenangan yang telah ditentukan oleh penanggungjawab adalah 15 point. Untuk itu, tim yang pertama bermain adalah tim 1 melawan tim 2. Persaingan sengit selama beberapa menit antara tim 1 dan tim 2 dimenangkan oleh tim 2 dengan 7 point untuk tim 1 dan 15 point untuk tim 2. Selanjutnya, tim yang bermain adalah tim 8 melawan tim 9 dengan waktu yang berlangsung cepat dan dimenangkan oleh tim 8 yang point kemenangannya adalah 15 point untuk tim 8 dan 8 point untuk tim 9. Kemudian disusul kembali tim yang bermain adalah tim 3 melawan tim 4. Pertandingan bulu tangkis antara kedua tim tersebut sangatlah sengit dan panas dimana point kemenangannya mencapai 12 point karena kedua tim sangatlah unggul dalam bermain. Setelah waktu telah berlangsung cukup lama, maka persaingan antara tim 3 dan tim 4 dimenangkan oleh tim 4 dengan point kemenangan 12 point untuk tim 4 dan 10 point untuk tim 3.

Waktu telah mencapai waktu sholat maghrib, maka kita melakukan break yang digunakan untuk beribadah dan beristirahat. Setelah adanya break kita melanjutkan kembali pertandingan dengan tim yang bermain adalah tim 10 melawan tim 11 yang mana kedua tim ini bermain dengan cepat dan dimenangkan oleh tim 10 dengan 15 point untuk tim 10 dan 7 point untuk tim 11. Berlangsung dengan cepat pula pertandingan antara tim 5 melawan tim 6 yang dimenangkan oleh tim 6 dengan point unggul yaitu 15 point dan 4 point untuk tim 5. Untuk itu tim yang memenangkan pertandingan ganda tersebut ada 5 yaitu tim 2, tim 4, tim 6, tim 8, dan tim 10. Karena tim 7 belum bermain maka disarankan untuk bertanding melawan tim 6. Kedua tim ini sangat antusias ingin memenangkan pertandingan tersebut, namun pada akhirnya pertandingan dimenangkan oleh tim 6 dengan point 15 dan 9 point untuk tim 7.

Selanjutnya tim yang bertanding kembali adalah tim 2 melawan tim 4, tim 8 melawan10. Tim 6 karena sudah memenangkan pertandingan dengan tim 7, maka tim 6 menunggu keempat tim yang sedang bertanding kembali tersebut. Pertandingan antara tim 2 dan tim 4 berjalan dengan beberapa menit yang pada akhirnya dimenangkan oleh tim 2 dengan point kemenangan mereka adalah 15 point dan 8 point untuk tim 4. Dilanjut dengan pertandingan antara tim 8 melawan tim 10 yang mana unggul dimenangkan oleh tim 8 dengan point 15 dan 10 point untuk tim 10.

Sehingga didapatkan 3 tim yang akan saling melawan yaitu tim 2, tim 6, dan tim 8 dengan pertandingan pertama tim 2 melawan tim 6 dan pemenangnya akan melawan tim 8. Tim 8 kami tandingkan belakang karena tim 8 ini pemainnya sangat unggul unggul. Karena waktu mepet hampir pukul 19.00 maka point kemenangannya adalah 10 point saja. Pada pertandingan tim 2 melawan tim 6 dimenangkan oleh tim 6 dengan 10 point dan 7 point untuk tim 2. Berikutnya, tim 6 ini melawan tim 8 yang pertandingan ini berjalan dengan sengit dan sorak sorakan, yang akhirnya pertandingan dimenangkan oleh tim 8 dengan point unggul yaitu 10 dan 5 point untuk tim 6.

Berakhirlah sudah kegiatan Fun Sport with FOMUNY#1 ini dengan kemenangan didapatkan oleh tim 8 yang pemainnya adalah saudari Firda (PSDM) dan partnernya saudari Putrid Dwi (KWU). Nantinya pemenang dari kegiatan Fun Sport with FOMUNY #1 akan diberikan sebuah apresiasi oleh penanggungjawab yang mungkin diberikannya nanti setelah kegiatan ini telah usai sampai akhir periode. Selesai pertandingan ini, kita melakukan persiapan dan bersih bersih untuk meninggalkan tempat dan diakhiri dengan doa penutup serta sedikit ucapan dari penanggungjawab kepada partisipan yang telah berpartisipasi dalam kegiatan Fun Sport with FOMUNY #1.

Print Friendly, PDF & Email

Family Of Mahadiksi dan KIP Kuliah UNY

FOMUNY adalah kependekan dari Family of Mahadiksi dan KIP Kuliah UNY. Nama beken keluarga mahasiswa bidik Misi UNY yang terlahir saat musyawarah besar tanggal 5 Januari 2013. FOMUNY bukan organisasi politik maupun sebuah ormawa kampus melainkan sebuah keluarga yang mempunyai organisasi yang fokus dalam ranah sosial dan kemasyarakatan. Selain itu dengan adanya FOMUNY diharapkan dapat menjadi wadah dan pusat informasi bagi Mahadiksi UNY.

More Posts - Facebook

Kategori: Laporan Kegiatan

Family Of Mahadiksi dan KIP Kuliah UNY

FOMUNY adalah kependekan dari Family of Mahadiksi dan KIP Kuliah UNY. Nama beken keluarga mahasiswa bidik Misi UNY yang terlahir saat musyawarah besar tanggal 5 Januari 2013. FOMUNY bukan organisasi politik maupun sebuah ormawa kampus melainkan sebuah keluarga yang mempunyai organisasi yang fokus dalam ranah sosial dan kemasyarakatan. Selain itu dengan adanya FOMUNY diharapkan dapat menjadi wadah dan pusat informasi bagi Mahadiksi UNY.